Cara ke Karimunjawa dari Jogja (Backpacker)

Adakah diantara pembaca yang tinggal di Jogja? Ingin liburan di sebuah pulau yang memiliki pantai berpasir putih dan jauh dari keramaian serta kebisingan kota? Takut biaya mahal dan cari info tentang backpacker ke karimunjawa? Tenang saja, karena sekarang kami akan membahas cara ke karimunjawa dari jogja dengan model traveling backpacker.

wisata karimunjawa

Tau gak sih, kalau kamu bisa merasakan sensasi petualangan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya dengan wisata ke Karimun Jawa? Pulau ini menawarkan sejuta keindahan alam mulai dari Snorkling, Hiking, atau Diving di perairan karimunjawa. Selain itu Kamu juga bisa mengeksplor keindahan pulau karimunjawa dengan jalan jalan ke pedalaman karimun jawa, seperti pantai yang masih perawan, tracking mangrove, sampai melihat dari dekat perkampungan Suku Bugis yang banyak terdapat di desa kemujan Pulau Karimunjawa.

Jika memang kamu sudah punya niatan mengunjungi pulau karimunjawa jangan ragu lagi, langsung aja gaaaassssss. Karimunjawa berada di kabupaten jepara dan berjarak kurang lebih 193km dari Jogja. Kita langsung aja ke jepara, karena di kota ini adalah jarak paling dekat ke pulau karimunjawa. Kita bisa langsung mengkunci (lock) GPS kita ke Pelabuhan Kartini Jepara. Pertama-tama kita berangkat dari Yogyakarta ke Semarang lalu Jepara.

Dari terminal jombor kamu bisa menggunakan minibus travel joglo Semar yang pool nya berada di jalan Magelang Km 5,8 (Jombor), atau menggunankan bus reguler jurusan semarang. Bus dari Terminal Jombor ( Jogja – Semarang ) berangkat setiap jam, jadi kamu tidak perlu memesan tiket. Perjalanan ke Kota Semarang kira-kira memakan waktu 4 jam. Pilih tempat turunmu di terminal Terboyo Semarang, dan setelah sampai cari bus tanggung (3 per 4) jurusan jepara. Atau kalau tidak mau repot bisa ikut minibus travel dari semarang. Dan info terbaru paling update, sekarang sudah ada minibus travel dari jogja langsung jepara, info selengkapnya KLIK.

Setelah sampai di pelabuhan kartini jepara (Pantai Kartini Jepara), pilih kapal yang menuju karimunjawa. Kalau pake kapal epat express bahari 2 jam, kalau pake KMP Siginjai 4,5jam. Setelah sampai pulau karimunjawa kamu bisa naik Becak ke tempat penginapan. Penginapan karimunjawa termasuk murah, karena berkisar antara 150ribu (non AC), 500ribuan (Hotel AC), sampai jutaan rupiah permalam (Resort). Kalau ingin yang harga murah, pilih aja homestay yang kamar mandi luar. Di karimunjawa banyak sekali homestay, 1 kamar bisa digunakan untuk ramai2 lho!

Untuk makan, kamu bisa memilih di beberapa warung yang ada disekitar alun-alun karimunjawa. Disini kamu bisa mencari makan saat Siang atau malam karena selalu ada penjual makan dengan menu seafood. Untuk mengeksplor karimun jawa secara utuh, kamu bisa menyewa Sepeda onthel atau sepeda motor yang banyak disewakan. Pulau Karimun Jawa cukup besar dan memiliki panjang jalanan sekitar 30 an kilometer dari ujung ke ujung. Untuk wisata lautnya, kamu hanya perlu nongkrong di jembatan karimunjawa (pelabuhan kecil). Disini tiap hari ada banyak penyewaan perahu wisata. Selain itu juga disediakan alat snorkeling serta makan siang.

Nah, segitu dulu info backpackernya ya, kapan-kapan kita sambung cara backpackeran dari kota lain. Oya, kalau kamu tidak mau repot, dan memilih liburan ke karimunjawa ramai-ramai bersama keluarga besar, bisa ikut paket travel Karimun Jawa Kita Tour. Dengan biro wisata ini kamu bisa mendapatkan banyak fasilitas dan pelayanan yang memuaskan selama liburan di karimunjawa. Oke, sampai ketemu di pulau impian, Pulau Karimun Jawa...